Pengelolaan Pemasaran Online Produk Pertanian Desa Pelaga

Authors
  • I G K G Puritan W A Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Agung Ngurah Indra Muliawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Kusa Satrialandipa Putra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Wayan Eka Puput Novianti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Bagus Jatem Kamandalu Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Wardhiana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Rai Dwiki Purwa Mahendra
  • Dewa Putu Adi Krisna Dewantara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Komang Nova Triana Cipta Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Made Damayanti
  • Tri Aditya Agustiawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Ayu Candra Pradnya Dewi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Putu Ady Oka Anjani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Suardika Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.226


Keywords: pertanian, penjualan daring, pemasaran online, Pelaga
Section: Articles

Abstract

Desa Pelaga memiliki potensi alam yang baik. Pemanfaatan perkebunan sebagai agrowisata sangat berpotensi dalam perkembangan pariwisata desa tersebut. Konsep agrowisata yang menawarkan panorama perkebunan yang tertata rapi dan berbagai macam tanaman yang bernilai ekonomis tinggi. Ketika pembelian dari hotel dan restoran terhenti, pembelian dari konsumen lokal justru meningkat, terutama yang menggunakan aplikasi pasar daring (online market). Persoalannya masih belum banyak anggota komunitas tani yang mengetahui cara penggunaan pemasaran produk-produk taninya melalui online market terutama di Desa Pelaga Kecamatan Petang. Bersamaan dengan persoalan itu, penjualan online cukup berpengaruh terhadap pendapatan UMKM. Edukasi pengelolaan dalam pasar online diperlukan untuk produk mereka agar dikenal masyarakat luar daerah, konten digital terutama promosi melalui internet sangat berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk secara daring. Langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah melalui kegiatan-kegiatan berupa penyediaan wadah pemasaran secara daring, pelatihan pembuatan konten digital produk-produk pertanian, dan pelatihan penjualan produk melalui e-commerce. Hasil dari kegiatan-kegiatan tersebut berupa peningkatan 100% kemampuan para kelompok tani Green Fresh Pelaga dalam membuat konten-konten digital, peningkatan 100% kemampuan menjual produk secara daring dan komunitas tani desa Pelaga kini memiliki wadah penjualan secara daring melalui www.plagro.id.

References

ADH, I. P. W. (2018) ‘Sistem Pengendalian Nutrisi Tanaman Paprika Pada Media Hidroponik Model Tetes Menggunakan Atmega238’, Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer. LPPM Universitas Dhyana Pura, 4(1). doi: 10.36002/jutik.v4i1.401. Mujiyana, M. and Elissa, I. (2013) ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online’, J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 8(3), pp. 143–152. doi: 10.12777/jati.8.3.143-152. PRATAMI NI W C, W. P. (2016) ‘Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Jasa Pengiriman Dokumen Di Denpasar’, Sistem dan Informatika. Setiawati, I. (STMIK H. S. and Widyartati, P. (STIE S. (2017) Seminar Nasional dan Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM, PROCEEDINGS. Available at: http://www.ejurnal.stiedharmaputra- smg.ac.id/index.php/PRO/article/view/263 (Accessed: 16 November 2020). Utami, H. N. and Firdaus, I. F. A. (2018) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis’, Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 2(1), pp. 136–146. Available at: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/e codemica/article/view/3407/pdf.

Downloads

Published
2020-12-30

How to Cite

Puritan W A, I. G. K. G., Indra Muliawan, I. G. A. N., Satrialandipa Putra, I. P. K., Eka Puput Novianti, N. W., Jatem Kamandalu, I. B., Wardhiana, I. P., Purwa Mahendra, R. D., Adi Krisna Dewantara, D. P., Triana Cipta, K. N., Damayanti, N. M., Aditya Agustiawan, T., Pradnya Dewi, I. A. C., Ady Oka Anjani, N. P., & Suardika, I. G. (2020). Pengelolaan Pemasaran Online Produk Pertanian Desa Pelaga. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 81-86. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.226