Pelatihan Pemasaran dan Keuangan Telur Asin Mengwi

Authors
  • I Wayan Gede Narayana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Putu Setyarini
  • I G A Liana D Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • P A Diah R Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.232


Keywords: telur, makanan, Mengwi
Section: Articles

Abstract

Telur Asin merupakan makanan yang banyak disukai. Proses pembuatan telur asin menggunakan telur bebek yang dibekam selama tujuh hari. Telur direbus saat akan menyajikannya. Telur asin banyak dijumpai di pasar tradisional atau minimarket di seluruh Bali. Produksi telur asin ditekuni oleh mitra, Ibu Ni Ketut Mastini, salah satu pembuat telur asin dengan nama produk “Tulus”, dengan tempat kedudukan usaha di daerah Mengwi Badung. Sejalan dengan usahanya, UKM ini terkadang mengalami penurunan penjualan. Hal ini disebabkan oleh menurunnya pendapatan yang diperoleh dari pemasaran produk ke warung-warung tradisional. Dapat diamati bahwa pendapatan yang diperoleh tergantung pada penjualan ke warung-warung. Selain itu telur hanya bertahan maksimal empat hari dari mulai dipasarkan. Selain tentang penjualan, pencatatan keuangan tidak memiliki catatan terkait laba dan rugi. Memperhatikan situasi dan kondisi yang terjadi, solusi diusulkan adalah pelaksanaan pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran serta pelatihan keuangan untuk mengetahui laporan laba rugi. Kegiatan ini, sesuai harapan, telah mampu memberikan peningkatan penjualan dan kemampuan menyusun pelaporan keuangan yang menyatakan  laba rugi. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara pengukuran kemampuan mitra dalam penggunaan sosial media dan pelaporan laba rugi dengan excel. Hasil pengukuran sebesar 86% di mana UKM sudah mampu menggunakan sosial media dan excel.

References

Erdi.S, Evi.A, fanisah.F (2017). Pengaruh Penambahan Beberapa Jenis Asam Terhadap Proses Pengolahan Telur Asin Untuk Menghilangkan Bau Amis, Jurnal Edo Bio Tropika, 5 (2), 86 - 92 Listyorini, Ruriyawati (2010). Perbandingan Kadar Protein Dan Sifat Organoleptik Pada Telur Asin Hasil Perendaman Serbuk Bata Merah Dengan Telur Bebek Tanpa Pengasinan. Skripsi Thesis Universitas Muhammdiyah Surakarta Novia D,Melia S,Ayuza (2011). Kajian Suhu Pengovenan Terhadap Kadar Protein Dan Nilai Organoleptik Telur Asin , Jurnal Peternakan, 8(2), 70-76 Susi L, Eni S R (2014). Pengaruh Lama Pemeraman Telur Asin Terhadap Tingkat Kesukaan Konsumen Prodising Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi, 595-601 Tito S (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Luquidity, 2(1), 80-86

Downloads

Published
2020-12-30

How to Cite

Gede Narayana, I. W., Setyarini, P., Liana D, I. G. A., & Diah R, P. A. (2020). Pelatihan Pemasaran dan Keuangan Telur Asin Mengwi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 106-111. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.232