Penambahan Desain Kemasan dan Varian Rasa Pada Usaha Jajan Terang Bulan Mini

Authors
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti ITB STIKOM Bali
  • Rosalia Hadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Putu Adi Guna Permana
  • Ni Kadek Sukerti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Kadek Risky Setiawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Ngurah Aria Chandra Vijaya Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.256


Keywords: Desain Kemasan , Varian Rasa, Terang Bulan
Section: Articles

Abstract

Bisnis kuliner merupakan salah satu pilihan yang paling digandrungi saat ini, selain modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar kalau dilihat dari keuntungan juga cukup menjanjikan. Salah satu bisnis kuliner yang diangkat dalam pengabdian ini adalah usaha jajanan rumahan terang bulan mini. Peluang bisnis terang bulan mini saat ini memiliki potensi yang cukup menjanjikan jika  dikembangkan sebagai usaha jajanan. Potensi pasar yang masih terbuka lebar, memberikan peluang bagi mitra untuk bisa meraih keuntungan. Agar tak kalah bersaing dengan pedagang kue yang lain, diperlukan ide yang lebih kretif . Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah Bapak Rustana yang beralamat di Banjar Sengguan Abianbase, Mengwi Badung. Usaha ini sudah digeluti cukup lama semenjak beliau tidak bekerja karena dampak pandemi COVID-19. Mitra mulai merintis usaha jajanan ini bersama istri, Jumlah pesanan belum menentu masih sekitaran 30-50 pcs per harinya, jika ada hari besar bisa meningkat misalkan pesanan untuk nikahan atau untuk acara agama lainnya. Untuk produksi yang dihasilkan masih belum banyak mengingat alat cetakan yang dimiliki masih satu alat cetakkan, dan jika ada pesanan yang banyak maka memerlukan proses yang lumayan lama. Untuk jumlah varian rasa saat ini masih minim hanya 1 varian yang original dan topping hanya meses coklat saja. Untuk pengemasan masih menggunakan mika plastik tanpa logo atau desain kemasan untuk dipasarkan. Berdasarkan permasalahan prioritas yang harus ditangani maka beberapa solusi yang ditawarkan berupa Penambahan varian rasa dan topping, Peningkatan jumlah kapasitas produk  terang bulan mini melalui penambahan alat produksi dan yang tidak kalah penting adalah penambahan desain atau logo pada kemasaran terang bulan mini yang berfungsi sebagai simbol pengingat produk bagi konsumen serta menampilkan infromasi atau kontak dari penjual.

References

Angelina Diah Kusumasari dan Supriono., 2017. Pengaruh Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Matte Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 49 No.2 Christy, P. 2015. Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) pada Impulsive Buying. Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dissertation Florentina, Marsella. 2009. Analisa dan perancangan E-Marketing pada Omega optik. Binus University. Jakarta. Gautama I Made Bhaskara dan Putri Dian Rahmadi., 2019. Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai Media Promosi. Jurnal Widyabhakti, 1(2), pp.14-22. Hartanto, S., 2015. Perancangan Desain Kemasan Produk Homemade Pie “391” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6). Hendrasty, H.K., 2013. Pengemasan & Penyimpanan Bahan Pangan 1st ed., Yogyakarta: Graha Ilmu. Pratami Ni Wayan Cahya Ayu, Muryatini NI Nyoman, Santiari Ni Putu Linda, Rahayuda I Gede Surya, Sunda I Nyoman., 2020. PKM Pengembangan Usaha IRT Jamu Tradisional di Desa Tibubiu Tabanan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer. Vol. 3, No.1. Ramayasa I Putu, Jimbara I Wayan Rupika, Suwastika I Wayan Kayun, Candrawibawa I Gede Angga., 2020. Pelatihan Pemasaran Online pada Mitra Lengis Nyuh di Tabanan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, Vol.2 No.3. Rosandi, S. & Sudarwanto, T., 2014. Pengaruh Citra Merek dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Susu Ultra. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2),pp.1–16. Saryanti I Gusti Ayu Desi, Mandasari Erlinda, Sidhiantari I Gusti Ayu Putri Indah., 2020. Pengembangan dan Pemanfaatan Desain Kemasan sebagai Media Promosi pada UKM Heavenine. Journal of Community and Development.

Downloads

Published
2021-04-30

How to Cite

Suwirmayanti, N. L. G. P., Hadi, R., Permana, P. A. G., Sukerti, N. K., Risky Setiawan, I. K., & Aria Chandra Vijaya, I. G. N. (2021). Penambahan Desain Kemasan dan Varian Rasa Pada Usaha Jajan Terang Bulan Mini. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(2), 75-82. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.256