Penerapan Sistem Informasi Surat Keterangan Pada Kantor Desa Tirtasari Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i3.316Keywords:
desa, administrasi, pelayanan, teknologi, websiteAbstract
Desa Tirtasari terdiri dari 2 Banjar Dinas yaitu Banjar dinas dauh margi dan Banjar dinas dangin margi. Untuk menjalankan pemerintahan dan administrasi Desa, Kepala Desa dibantu oleh beberapa perangkat Desa. Dalam pelaksanaannya perangkat desa sering menghadapi kendala dikarenakan hampir semua proses administrasi dilakukan secara manual hanya dibantu dengan aplikasi word processor. Hal ini menyebabkan layanan surat keterangan kepada masyarakat sering terganggu dan membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan pengabdian ini diusulkan penerapan sistem informasi layanan surat keterangan berbasis teknologi informasi. Dengan penerapan sistem informasi dan kemampuan perangkat desa menggunakan sarana teknologi informasi diharapkan kualitas layanan masyarakat meningkat. Telah dilaksanakan pemberian hibah dan penerapan sistem informasi layanan surat keterangan yang digunakan oleh pemerintah Desa Tirtasari sebagai layanan administrasi pengurusan surat keterangan. Kegiatan penerapan sistem informasi juga dilaksanakan sosialisasi dan workshop / pelatihan kepada operator dan perangkat Desa Tirtasari mengenai penggunaan sistem informasi. Berdasarkan hasil evaluasi melalui kuesioner sistem informasi yang diterapkan memiliki relevansi, kemudahan, akurasi, kelengkapan dan kegunaan sangat baik dengan tingkat persetujuan dari responden (perangkat Desa peserta workshop) mencapai 91,3%.