Pelatihan Strategi Membangun Brand untuk Bisnis F&B dengan Dekaka Shop

Authors
  • Erwan Adi Saputro Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pembangnan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Andre Yusuf Trisna Putra Teknologi Pangan, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Arista Pratama Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ardika Nurmawati Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.369


Keywords: Brand, Dekaka Shop, UKM
Section: Articles

Abstract

Dekaka Shop adalah usaha kecil menengah (UKM) di bidang foods and bevarages (F&B) yang berdiri pada tahun 2015 oleh Pak Kasmadi di Jalan Jatikerto, 292, Bedali, Kromengan, Kabupaten Malang. Saat ini Dekaka Shop telah mampu memproduksi beragam produk, seperti sayur segar, rimpang-rimpangan segar, bumbu masak siap pakai, sambal botol, dan kurma tomat (Kurmat). Kesulitan yang dialami oleh Dekaka Shop adalah masih kurangnya pengetahuan mengenai strategi membangun brand dari Dekaka Shop sendiri yang menyebabkan produk – produk Dekaka Shop masih sulit dikenal oleh masyarakat. Program kegiatan Matching Fund telah membantu Dekaka Shop memberikan pelatihan dalam rangka membuat strategi membangun brand untuk bisnis F&B. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang strategi branding serta memahami dengan benar keinginan dan kebutuhan konsumen serta prospek dari UKM. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode hybrid yaitu memberikan pelatihan secara online maupun offline secara bersamaan kepada Dekaka Shop dan masyarakat umum. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas branding Dekaka Shop, serta memberikan wawasan kepada masyarakat umum tentang bagaimana membangun brand untuk sebuah bisnis F&B.

References

Anggit, P. (2022). Belajar Branding dari Subiakto Priosoedarsono, Praktisi Branding Lebih dari 50 Tahun. Retrieved fromhttps://koinworks.com/blog/subiakto-priosoedarsono/

Fatimah, H.S., MohdTajuddin, R., & Shakir, Z.A. (2015). Creating Resilient SME Through Brand Identity (Case Study of Bumiputera Fashion Entrepreneurs in Malaysia). International Academic Research Journal of Social Science, 1(2), 264-282.

Gelder, S.V. 2005. Global Brand Strategy. London: Kogan Page.

Horan, G., O`Dwyer, M., & Tiernan, S. (2011). Exploring management perspectives of branding in services SMEs. Journal of Services Marketing, 25(2), 114-121.

Kedaireka-Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Matching Fund. Retrieved from https://kedaireka.id/matchingfund

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran; Edisi Millennium, Jilid 3. Jakarta: Penerbit Prenhallindo.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 98 Tahun 2014. Tentang Tata Cara Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil, (2), pp: 1-7.

Rowley, J. (2004). Online Branding. Online Information Review. [Online] 28 (2), 131–138.

Rowley, J. (2008). Understanding Digital Content Marketing. Journal of Marketing Management, 24(5-6), 517-540.

Rufaidah, P. 2015. Branding Strategy Berbasis Ekonomi Kreatif : Triple Helix vs. Quadruple Helix. Sumedang: Universitas Padjadjaran. pp: 1-32.

Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bank Indonesia dan LPPI, 5-57. Schultz, D.E. & Bames, B.E. 1999. Strategic Brand Communication Campaign. Chicago: NTC Bussiness Books.

Schultz, D.E. & Kitchen, P. 1999. Communication Globally: An Integrated Marketing Approach. New York: McGraw Hill.

Susanto, A.B. & Wijanarko, H. 2004. Power Branding, Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Bandung: Quantum Bisnis & Manajemen.

Rampl, L.V. & Kenning, P. (2014). Employer Brand Trust and Affect: Linking Brand Personality to Employer Brand Attractiveness. Europian Journal of Marketing, 48(12), 218-236.

Downloads

Published
2023-11-30

How to Cite

Saputro, E. A. ., Putra, A. Y. T. ., Pratama, A. ., & Nurmawati, A. . (2023). Pelatihan Strategi Membangun Brand untuk Bisnis F&B dengan Dekaka Shop. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(1), 67-72. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.369