Pelatihan Video Content Creator pada Pelaku Jasa Pariwisata sebagai Sarana Pemasaran Digital kepada Wisatawan

Authors
  • Ni Luh Putri Srinadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Bagus Suradarma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dandy Pramana Hostiadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Muhammad Riza Hilmi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Nyoman Utami Januhari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Luh Putu Wiwien Widhyastuti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i3.371


Keywords: video profil, content creator, pariwisata
Section: Articles

Abstract

Di masa pandemi, beberapa pelaku pariwisata mengalami penurunan ekonomi secara drastis dan tidak sedikit memilih untuk menutup usaha secara sementara. Kebangkitan ekonomi pariwisata di era baru pasca pandemi, dilakukan seperti pemasaran digital melalui pembuatan video promosi melalui konsep content creator. Sebatu Tulen merupakan salah satu pelaku pariwisata berupa usaha penyewaan vila di daerah Desa Sebatu, kecamatan Tegallalang, kabupaten Gianyar – Bali. Usaha ini sempat terpuruk di saat masa pandemi, dan saat ini mencoba untuk bangkit kembali. Beberapa hal yang menjadi fokus permasalahan adalah mengenalkan kembali layanan kamar ke wisatawan yang dapat dilihat secara visual dan menarik dalam bentuk video company profil. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, diusulkan pelatihan pembuatan video profil dengan konsep video content creator kepada pada pegawai yang ada di Sebatu Tulen. Tujuannya adalah untuk menyajikan informasi secara visual yang naratif, komunikatif dan menarik, sehingga harapannya dapat menarik wisatawan untuk menginap. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pembuatan video content creator adalah pengambilan 8-15 video durasi pendek. Hasil akhir video company profil adalah sebuah video profil kualitas HD 1920 x 1080 p, dengan keterbaharuan video profil yang informatif pada vila Sebatu Tulen sebagai sarana pemasaran digital di era baru pandemi sebagai representasi kebangkitan pariwisata bali.

References

Blue Point Bay Villas and Spa. (2016). Blue Point Bay Villas and Spa - Gallery. Retrieved from [Uluwatu Villa - Blue Point Bay Villas and Spa - Official Website : http://www.bluepointbayvillas.com/gall ery.php]

Candi Beach Resort & Spa. (2016). Candi Beach Resort & Spa. Retrieved from [Candi Beach Resort & Spa: http://www.candibeachbali.com/]

Chiara, J. D., & Callender, J. 1981. Time Saver Standard For Building Types. McGraw-Hill Book Company.

Davern, J. M. 1976. Places For People: Hotels, Restaurants, Bars, etc. United States: McGrawHill Inc. Dipetik Nopember 21, 2022

Departemen Perhubungan Dirjen Perhubungan Darat. 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Departemen Perhubungan Dirjen Perhubungan Darat.

Griya Santrian. (2016). Sanur Hotels Bali, Griya Santrian Hotel, Sanur Bali - e Galllery. Retrieved from [Sanur Hotels Bali, Griya Santrian Hotel, Sanur Bali: http://www.santrian.com/griya/library/]

Indonesia Tourism Forum. (2016). The Charming Tanjung Kelayang, Belitung. Retrieved from [Indonesia Tourism Forum, Where You Can Find Any Information About Indonesia: http://www.indonesia- tourism.com/forum/showthread.php?52 047-The-Charming-Tanjung-Kelayang- Belitung]

Marpaung, Jhon Viter.(2019).Perancangan Company Profile Usaha Kecil Menengah Pada BILQIS Watersport di Pulau Untung Jawa. Jurnal Abdimas.Volume 5 nomor 2. pp 118- 125.

Sari, Wahyuni Eka dkk.(2021).Video Branding untuk Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS).Volume 4 nomor 1. pp 10- 18. .

Downloads

Published
2023-07-31

How to Cite

Ni Luh Putri Srinadi, Ida Bagus Suradarma, Dandy Pramana Hostiadi, Muhammad Riza Hilmi, Ni Nyoman Utami Januhari, & Luh Putu Wiwien Widhyastuti. (2023). Pelatihan Video Content Creator pada Pelaku Jasa Pariwisata sebagai Sarana Pemasaran Digital kepada Wisatawan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(3), 15-20. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i3.371