Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dan Powtoon sebagai Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i3.372Keywords:
media, canva, powtoonAbstract
SMK Bina Madina Denpasar merupakan salah satu sekolah yang telah berdiri sejak tahun 2009. Pasca pandemi covid-19, pembelajaran dilakukan secara offline. Pembelajaran offline ini juga mempunyai kendala setelah selama 2 tahun dilakukan pembelajaran online. Kendala yang pertama yaitu manajemen waktu, dan kurangnya konsentrasi siswa saat pembelajaran di kelas. Sebagai seorang pendidik untuk mengatasi kendala ini, perlu memberikan inovasi dalam penyampaian materi dan mengajar. Namun, banyak tenaga pendidik yang masih melakukan kegiatan mengajar secara konvensional yaitu dengan ceramah. Pembelajaran secara ceramah sedikit diminati oleh para siswa apalagi siswa-siswa yang terkena pembelajaran daring saat pandemi. Kurangnya pengetahuan guru dalam membuat konten pembelajaran, Dari hasil analisis dan wawancara yang dilakukan, penulis bermaksud melakukan pengabdian dengan judul Pembuatan Media Pembelajaran Pada Smk Bina Madina Denpasar. Kegiatan pengabdian difokuskan kepada pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran dengan Canva dan Powtoon, Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung. Dari hasil pelatihan yang dilakukan didapatkan indikator capaian adalah 100% Guru SMK Bina Madina Denpasar yang mengikuti pelatihan dapat membuat media pembelajaran dengan Canva dan Powtoon.