Perancangan multimedia interaktif masih belum banyak dikembangkan sesuai kurikulum yang termasuk kompetensi keahlian yang diterapkan oleh SMK Wira Bhakti Denpasar. Siswa yang mempelajari multimedia menggunakan berbagai software mengalami kesulitan, khususnya dalam hal pembuatan konten yang menarik. Hal ini disebabkan oleh antara lain: aspek grafis software yang digunakan masih kurang lengkap, menu tidak user friendly, bahasa pemrograman sulit, belum adanya template dari software, serta proses pembuatan animasi masih sulit. Kepala Sekolah mengharapkan siswa mampu memahami konsep multimedia interaktif dengan baik serta mampu mengimplementasi kontennya secara efektif dan efisien. Selain itu, siswa diharapkan juga lebih terampil menggunakan software multimedia dan mampu menghasilkan produk multimedia interaktif yang bersaing di era revolusi 4.0 ini. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi sekolah, solusi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat (PKM) terdiri dari dua kegiatan yaitu pertama, pengenalan konsep multimedia interaktif serta software yang digunakan yaitu adobe captivate dan kedua, pelatihan penggunaan software tersebut dalam pembuatan multimedia interaktif. Luaran dari PKM ini adalah meningkatnya pemahaman konsep multimedia untuk siswa di SMK Wira Bhakti Denpasar 31% dengan nilai N-Gain 0.75 dengan kategori “tinggi”, peningkatan hasil pelatihan software adobe captivate 47.3 % dengan nilai N-Gain 0.71 dengan kategori “tinggi” serta publikasi hasil pengabdian masyarakat dalam artikel jurnal pengabdian masyarakat.
Daryanto. (2010) Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.
Muhammad Rusli, M.T., Hermawan, D. and Supuwiningsih, N.N. (2020) Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi.
Nazir, M. (2003) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Ramadhanty, M.P, Eko R dan Nyoman R.(2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Adobe Captivate pada Materi Gerak Harmonik Sederhana, Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 113-120.
Zulfakur, A. (2018). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Adobe Captivate Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI TKR SMK Negeri 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5 (2),104-111
Meltzer, D. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics. American Journal of Physics , 1259- 1268.