Upaya Promosi Peningkatan Hasil Usaha Laklak Sebagai Jajanan Tradisional Bali

Authors
  • I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Jenny Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.397


Keywords: promosi, UMKM, pedagang
Section: Articles

Abstract

Pengaruh pandemi virus Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan utamanya di bidang ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Bali. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan yang menyasar masyarakat pelaku UMKM Laklak Bali. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah rendahnya hasil usaha yang didapatkan. Peristiwa ini berkaitan dengan rendahnya pengetahuan pedagang mengenai media promosi produk jajanan laklak Bali secara online. Ditinjau dari aspek manajemen, usaha jajanan laklak Bali ini belum memiliki pencatatan keuangan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, sehingga aktifitas usaha kurang tidak teratur. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah mitra dapat menggunakan media sosial untuk memasarkan dan mempromosikan produknya sebagai upaya peningkatan hasil usaha. Selain itu, mitra dapat melakukan pencatatan keuangan secara rutin di setiap aktifitas usahanya.

References

Adhitya Yoga Prasetya, S. Z. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Jurnal Budimas Vol. 03. No. 01.

Ana, Suci Nur (2020). Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Daring Masa Pandemi Covid- 19.

LPPM. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid- 19. Pusat Kajian Pemerdayaan Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan. Tematik - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Vol. 8,No. 1.

Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.

Rosita, Rahmi. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis. Program Studi Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I Jakarta.

Sugiri. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis. Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi

Veranika, MiraY. S. (2021). Pemanfaatan Promosi Melalui media sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung. JURPIKAT(Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)Vol. 2, No. 1. Winarti, C. (t.thn.). Pemanfaatan Sosial Media Oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Pemasaran Digital, Sosial Media, Pandemi COVID-19, UMKM.

Yoga, Prasetya AdhityaS. Z. (2021). Pemanfaatan media sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja.Jurnal Budimas Vol. 03. No. 01.

Downloads

Published
2023-11-30

How to Cite

Putri, I. G. A. V. W., & Pratiwi, N. P. J. . (2023). Upaya Promosi Peningkatan Hasil Usaha Laklak Sebagai Jajanan Tradisional Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(1), 38-43. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.397