Pelatihan Efikasi Diri untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Mengwi
DOI:
https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i2.400Keywords:
efikasi diri, motivasi berprestasi, psikologiAbstract
Kestabilan kondisi psikologis siswa selama pembelajaran berdampak pada prestasi akademik siswa. Kondisi yang stabil akan membangkitkan motivasi siswa untuk berprestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa adalah efikasi diri. Percaya pada diri sendiri bahwa dirinya mampu dan siap menghadapi tantangan akan mengantarkan siswa menjadi individu yang tangguh. Efikasi diri perlu dikembangkan, untuk itu pelatihan efikasi diri diperlukan untuk menjaga kestabilan kondisi psikologis siswa dan motivasi berprestasinya. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu siswa mengenali potensi diri dan menanamkan mindset positif. Pelatihan ini dilaksanakan di SMA N 1 Mengwi dengan sasaran siswa kelas XII. Pelatihan efikasi diri dilaksanakan dalam 3 tahap yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Metode pelaksanaan dilaksakanan melalui metode penyuluhan, diskusi, dan hypnoterapi. Pelatihan efikasi diri memberikan manfaat positif bagi siswa yaitu membantu siswa memahami potensi dirinya dan menanamkan rasa syukur. Pelatihan yang dilaksanakan mendapat respon yang baik dari siswa dimana pelatihan berlangsung sangat interaktif yang terlihat dari antusias siswa mengikuti kegiatan.