Peningkatan Pasar Produk Jajan Tradisional Dua Putri Melalui Media Sosial dan Manajemen Keuangan

Authors
  • Ni Wayan Ari Ulandari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Made Astiti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Warma Putra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dewa Ayu Mirnawati Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Suandana Astika Pande Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i3.406


Keywords: UKM, Tradisional, Media Sosial
Section: Articles

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini fokus pada bidang penjualan jajanan tradisional. Jajanan yang dijual mitra merupakan jajanan tradisional yang banyak ditemui di pasar-pasar di Denpasar. Usaha ini didirikan oleh Ibu Luh Gede Tri Handayani dan telah berjalan selama 3 tahun dan  telah memiliki pelanggan tetap yang rutin memesan jajanan tradisional mereka. Berdasarkan hasil wawancara terungkap bahwa sejak memulai usaha ini mitra belum pernah menggunakan sistem pencatatan keuangan. Selain itu  mitra juga belum memiliki logo kemasan dan belum memanfaatkan media sosial untuk penjualannya.  Karena itu, sebagai solusi untuk mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi oleh mitra, peneliti menyelenggarakan beberapa kegiatan, termasuk pelatihan manajemen keuangan dengan menggunakan aplikasi Buku Kas, memberikan panduan penggunaan Instagram, pelatihan tentang pelabelan produk, penyediaan banner dan stiker logo untuk usaha mitra, serta memberikan perlengkapan usaha seperti oven, mixer, loyang, timbangan digital, dan tempat display. Evaluasi menunjukkan bahwa mitra telah memahami seluruh fitur Buku Kas dan sebagian besar proses pencatatan keuangan. Mereka juga telah memahami sebagian besar fungsi Instagram. Logo usaha yang diberikan telah digunakan sepenuhnya oleh mitra, begitu juga dengan semua perlengkapan usaha yang telah diberikan, yang digunakan secara maksimal oleh mitra.

References

Astiti, N. M., Ulandari, N. W. A. and Putra, I. P. W. (2022) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Manajemen Keuangan dan Sosial Media pada UKM Sarana Upacara Agama’, Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 5(1), pp. 14–19.

Astiti, N. M., Ulandari, N. W. A. and Putra, I. P. W. (2023) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Pupuk Menggunakan Metode Composite Performance Index Berbasis Website’, Seminat Nasional CORISINDO, pp. 255–260.

Firdaus, N., Suwirmayanti, N. L. G. P. and Putra, I. P. W. (2022) ‘Penerapan Metode Moora untuk Bantuan Langsung Tunai pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali’, Seminar Nasional Corisindo, pp. 586–592.

Irsyad, N. ’, Nuryasin, L. and Setyawan, S. (2023) ‘Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Limeliterentalkamera & @Sololensa)’, Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial dan Informasi, 8(4), pp. 816–831.

Made Arna Putri, G. A., Ari Ulandari, N. W. and Sri Jaya Kusuma, I. N. (2020) ‘PKM Pemanfaatan Media Sosial & Aplikasi Pengolahan Angka dalam Peningkatan Penjualan’, WIDYABHAKTIJurnal Ilmiah Populer, 2(3), pp. 67–78. doi: 10.30864/widyabhakti.v2i3.199.

Sihombing, R. A., Natsir, F. and Anggraeni, N. K. P. (2022) ‘Pemanfaatan Aplikasi Buku Kas dalam Pengelolaan Keuangan pada Dasawisma RT 10 RW 02 Tj.Barat’, Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(2). doi: 10.30998/ks.v1i2.1264.

Ulandari, N. W. A., Astiti, N. M. and Putra, I. P. W. (2023) ‘Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi IRT Jajan Tradisional Rangin’, 6(1), pp. 44–51. doi: 10.30864/widyabhakti.v6i1.381.

Widhiantara, I. P. B., Supuwiningsih, N. N. and Ulandari, N. W. A. (2023) ‘Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Kota Denpasar Berbasis Animate’, Prosiding Seminar Hasil Penelitian Informatika dan Komputer 2023, 1(1), pp. 446–451.

Downloads

Published
2024-07-12

How to Cite

Ari Ulandari, N. W. ., Astiti, N. M. ., Warma Putra, I. P. ., Mirnawati, D. A. ., & Suandana Astika Pande, I. M. . (2024). Peningkatan Pasar Produk Jajan Tradisional Dua Putri Melalui Media Sosial dan Manajemen Keuangan . WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(3), 17-25. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i3.406