Pelatihan dan Pendampingan Teknik Pemasaran Digital Pada Bengkel Eka Motor

Authors
  • Dandy Pramana Hostiadi Departemen Magister Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Ni Luh Putri Srinadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • I Made Darma Susila Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Yohanes Priyo Atmojo Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Gede Angga Pradipta Departemen Magister Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Made Liandana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i3.411


Keywords: Bengkel, Sepeda motor, UMKM, Pemasaran Digital
Section: Articles

Abstract

Pengguna kendaraan sepeda motor meningkat pesat di era pasca pandemic. Pada bulan September 2023, tercatat sebanyak 509.946-unit sepeda motor terjual. Sehingga penjualan ini membuka peluang bagi masyarakat untuk membuka jasa bengkel motor. Usaha bengkel motor dalam bentuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dinilai lebih ekonomis dibandingkan dengan perbaikan ke dealer resmi. Salah satu UMKM Bengkel motor di daerah Tabanan-Bali adalah Eka Motor yang memulai usahanya sejak tahun 2020. Pemilik bengkel memulai usaha bengkel rumahan atas dampak dari masa pandemic. Jenis penjualan dalam bengkel motor ini adalah jasa dan sparepart motor. Hasil sosialisasi ke UMKM ditemukan permasalahan yaitu dalam  hal pemasaran. Pemasaran yang dilakukan saat ini adalah melalui WhatsApp dan sosial media istagram, yang dirasa belum optimal. Sehingga dibutuhkan peningkatan teknik pemasaran melalui pemanfaatan teknologi informasi sehingga dapat meningkatkan penghasilan UMKM. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan. Tujuan dari kegiatan pemanfaatan sosial media adalah untuk mengenalkan usaha dengan pemasaran digital sehingga dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa pada bengkel Eka Motor. Keberhasilan kegiatan pengabdian dievaluasi dari jumlah peningkatan penghasilan atau jumlah penjualan produk  jasa dan sparepart. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya peningkatan penghasilan UMKM dan pelanggan baru yang menggunakan jasa perbaikan di bengkel Eka Motor.

References

Abdhillah, A. and Suhendri (2024) ‘Aplikasi Penjualan Suku Cadang Online Pada Bengkel Permata Motor Berbasis Web’, TEKNO : Jurnal Penelitian Teknologi dan Peradilan, 2(1), pp. 31–43. Available at: https://doi.org/10.62565/tekno.v2i1.16.

Arrohimi, A.F. et al.(2021) ‘Upaya Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Masyarakat Desa Tanjung Anom Kabupaten Tangerang’, Proceedings ..., 1(v), pp. 168–179. Available at: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article/view/1952/pdf_1.

Djami, J.J.A. and Toineno, M. (2019) ‘PKM Bengkel Motor Rumahan’, Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), p. 47. Available at: https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.13551.

Effendi, M.R. et al.(2021) ‘Perancangan Aplikasi Berbasis Android Jadwal Service Sepeda Motor Pada Bengkel Ridho Motor’, Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 7(2), pp. 154–168. Available at: https://doi.org/10.37012/jtik.v7i2.649.

F. Pasalbessy, V. (2020) ‘Analisis Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), pp. 49–68. Available at: https://doi.org/10.55049/jeb.v11i1.155.

Gray, T. and Habiburahman (2022) ‘Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Bengkel Satria Bandar Lampung’, 1(6), pp. 967–978.

Isna, I., Inapty, B.A. and Indriani, E. (2021) ‘Kiat Mempertahankan Eksistensi Umkm “Bengkel Fira” Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(1), pp. 107–116. Available at: https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i1.86.

Kolik, A. et al.(2020) ‘Pelatihan Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor bagi Pemuda Karang Taruna untuk Perintisan Wirausaha Baru’, JP2T: Jurnal Pengabdian, Pendidikan dan Teknologi, 1(2), pp. 65–74. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/article/view/16726.

Mangedong, D. and Prayitno, G. (2023) ‘Perancangan Sistem Informasi Bengkel Jaya Motor Berbasis Web Menggunakan Metode SSAD’, Jurnal Teknik AMATA, 4(1), pp. 22–26. Available at: https://doi.org/10.55334/jtam.v4i1.78.

Maulana, A. et al.(2023) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kelurahan Bendo’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), pp. 59–63. Available at: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index.

Mawardi, I. et al.(2022) ‘Pelatihan Usaha Perbengkelan Sepeda Motor’, 6(2), pp. 127–132.

Muslim, M., Setiawan, D. and Saputra, H.D. (2022) ‘Pelatihan masyarakat tuna karya dalam menciptakan wirausaha bengkel sepeda motor’, JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(3), pp. 278–284. Available at: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/28531.

Paramita, M.K.P., Susanti, L.E. and Pambudi, B. (2023) ‘Peranan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran’, Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(4), pp. 962–977. Available at: https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.392.Prasetia, A., Suriati, S. and Usman, A. (2022) ‘Implementasi Metode Trend Moment Untuk Prediksi Data Penjualan Sparepart Sepeda Motor’, Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA), 5(2), pp. 73–79. Available at: https://doi.org/10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i2.2354.

Rahmat, M.H., Sukardi and Samudra, A. (2022) ‘Penerapan Ergonomi Kerja dan Prinsip 5R pada Bengkel Nurdy Motor Kota Palangka Raya’, I-Com: Indonesian Community Journal, 2(3), pp. 765–775. Available at: https://doi.org/10.33379/icom.v2i3.1980.

Saputra, H.D., Alwi, E. and Afnison, W. (2019) ‘Pelatihan Servis Sepeda Motor Injeksi Mekanik Bengkel Konvensional di Kabupaten Solok Selatan’, Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.24036/sb.0220.

Setiawan, D. et al.(2022) ‘Terciptanya Wirausahawan Baru Bengkel Sepeda Motor bagi Masyarat Tuna Karya Kec. Sungai Aur, Pasaman Barat’, Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(2), p. 679. Available at: https://doi.org/10.24036/sb.02750.

Syamsul, A. and Fitri, M. (2022) ‘Pengaruh Quality of Work Life, Self Determination, Dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Kantor Bupati Kabupaten Pidie’, Jurnal Ekobismen, 2(2), pp. 1–18. Available at: https://doi.org/10.47647/jeko.v2i2.590.

Wibowo, A., Wahyudi, W. and Utari, D.R. (2022) ‘Media Sosial Sebagai Solusi Pemasaran Umkm Yang Adaptif Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 4(6), p. 558. Available at: https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.8148.

Widiyanto, A. et al.(2023) ‘Partisipasi Bengkel Motor Konvensional Dalam Digital Marketing Dengan Mengimplementasikan Design Thinking’, Jurnal Pariwisata Bisnis Digital dan Manajemen, 2(2), pp. 97–103. Available at: https://doi.org/10.33480/jasdim.v2i2.4240.

Yuesti, A., Made, N. and Yuwita, M. (2022) ‘Pemberdayaan Usaha Bengkel Dan Sparepart Motor Melalui 2 Metode “ Promosi Media Cetak Dan Media Online ” Dan Penerapan Hidup Sehat Dan Bersih Di Honda Siulan Motor Pada Masa Pandemi Covid-19’, 1(November), pp. 707–711.

Downloads

Published
2024-07-10

How to Cite

Hostiadi, D. P., Srinadi, N. L. P. ., Darma Susila, I. M. ., Priyo Atmojo, Y. ., Pradipta, G. A., & Liandana, M. . (2024). Pelatihan dan Pendampingan Teknik Pemasaran Digital Pada Bengkel Eka Motor. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(3), 1-9. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i3.411