Kajian Penerapan dan Pelatihan Digitalisasi UMKM di Desa Gelgel

Authors
  • Yudi Agusta ITB STIKOM Bali
  • Ni Komang Sri Julyantari ITB STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i1.424


Keywords: Digitalisasi UMKM, Pelatihan Aplikasi, Aplikasi Media Sosial
Section: Articles

Abstract

Pengabdian di Desa Gelgel dilaksanakan dalam rangka peningkatan penerapan digitalisasi UMKM. Kegiatan dilaksanakan dengan terlebih dahulu melakukan identifikasi kondisi penerapan digitalisasi pada UMKM di Desa Gelgel Klungkung melalui kegiatan pendataan dengan metode wawancara. Analisa data dilakukan dengan pendekatan analisa deskriptif. Hasil pendataan kemudian dianalisa untuk melihat pendekatan yang bisa digunakan dalam meningkatkan penerapan digitalisasi pada UMKM di Desa Gelgel Klungkung. Sesuai dengan hasil analisa pendataan yang telah dilakukan, pendekatan yang diperlukan oleh UMKM dalam menerapkan digitalisasi adalah penyediaan internet gratis, pelatihan aplikasi, dan penyediaan teknologi pendukung. Aspek yang diminati untuk diterapkan termasuk hubungan dengan pelanggan, produksi/penyediaan layanan, dan administrasi keuangan. Berdasarkan hal tersebut, pengabdian dilanjutkan dengan pelaksanaan pelatihan aplikasi terkait dengan beberapa bidang yang diminati UMKM di Desa Gelgel, Klungkung. Melalui pelaksanaan evaluasi kegiatan pelatihan, didapatkan bahwa 88,89% pelaksana UMKM sudah memahami konsep digitalisasi dan 82,22% sedang/berencana menerapkan digitalisasi.

References

Amsari, S., Anggara, W. ‘Ekonomi Kreatif’ Medan : UMSU PRESS, 2023.

Anggraeni, N.Y., Melinasari, S., Shiddieqy, H.A. (2022) ‘Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Nyonya Sambel Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor Dalam Perspektif Manajemen Syariah’ Sahid Business Journal, II(1), pp.118-128. DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i01.84

Astiti, N.M.A.G.R., Semaryani, A.A.M., Yudiastari, N.M., Parwata, I.K.W., Yanti, G.D.D. ‘Wirausaha Pangan Tradisional Bali’ Surabaya : SCOPINDO Media Pustaka, 2023.

Aysa, I.R. (2020) ‘Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital; Studi Kasus Zydnaa Edukasi Jombang’ Jurnal At-Tamwil, 2(2), pp.121-138. DOI: https://doi.org/10.33367/at.v2i2.1337

Framita, D.S. (2020) ’Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, LabellingDan Branding Produk Di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang’ BERDAYA : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), pp.107-118.DOI: https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Pasaribu, R.M., Oktavia, A. (2020)’Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Kota Medan’ Journal Of Economics and Business, 02(01), pp.50-60. DOI: https://doi.org/10.36655/jeb.v2i1.495

Putri, D.R., Deniari, N.K., Yusadara, I.G.P.M., Cahyani, N.M.J., Santika, K.D., Wicaksana, G.H.M. (2022) ‘Branding Dan Marketing Digital Produk Makanan’ Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 8(1), pp.9-17. DOI: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v8i1.9-17

Marselina, E., Rokamah, R. (2022) ‘Manajemen Produksi Home Industry Keripik Galih Kurnia Usaha Desa Bubakan Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan’ Niqosiya : Journal Of Economics and Business Research, 2(1), pp.105-120. DOI: https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i1.706

Ribek, P.K., Mirayani, L.P.M., Permadi, O., Putri, N.K.A.D., Suswandayana, I.K.A. (2024) ‘Pengaruh Teknologi, Brand Awareness, Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Pada Usaha Makanan Tradisional Di Bali’ Jurnal Bakti Saraswati, 13(1), pp.102-110.

Soeprapto, V.S., Yohana, E. (2021) ‘Eksplorasi Wisata Kuliner-Studi Kasus di Bali’ Journal FAME, 4(1), pp.46-51. DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v4i1.2750

Downloads

Published
2024-11-30

How to Cite

Agusta, Y., & Julyantari, N. K. S. (2024). Kajian Penerapan dan Pelatihan Digitalisasi UMKM di Desa Gelgel. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 7(1), 50-55. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i1.424