Guru memiliki peran strategis dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang menarik serta memotivasi siswa. Kualitas pembelajaran sangat bergantung pada metode pengajaran yang dipilih, terutama dalam menghadapi tantangan psikologis Generasi Z. Hasil pengabdian ini menemukan adanya kesenjangan psikologis (Gap Physicology) antara guru
dan siswa sekolah kejuruan, yang memengaruhi dinamika kelas. Oleh karena itu, model pembelajaran holistik seperti Contextual Teaching and Learning (CTL) dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pengajaran. Metode CTL menghubungkan materi pelajaran dengan menerapkannya pada kehidupan nyata, sehingga siswa lebih sadar terhadap
lingkungan sekitar dan pembelajaran menjadi lebih optimal dan menarik. Kegiatan pengabdian ini melibatkan 25 guru di SMK Dwijendra Denpasar dalam pelatihan yang bertujuan untuk memperkenalkan kembali metode CTL. Dengan bermunculan berbagai metode pengajaran baru maka metode ini mulai ditinggalkan karena pergeseran pembelajaran
daring selama pandemi COVID-19. Pendekatan pengabdian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion). Hasil pengabdian ini juga menunjukkan bahwa penerapan metode CTL dapat membantu mengatasi tantangan psikologis dalam pembelajaran
dengan mendekatkan siswa kepada alam dan lingkungan sekelilingnya dan meningkatkan efektivitas pengajaran di sekolah kejuruan.
Azizah, N., Zakariah, A., & Novita, N. (2023). Penerapan fungsi manajemen pengelolaan kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di era Gen Z. Ihsanika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 225–230.
Hasibuan, M. I. (2014). Model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 2(1).
Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).
Lestari, W. P., Ningsih, E. F., Choirudin, C., Sugianto, R., & Lestari, A. S. B. (2023). Efektivitas model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 28–33.
Pardede, P. (2019). Menjadi guru “zaman now” dan cara pembelajaran siswa memasuki era industri 4.0. English Education Department (Pendidikan Bahasa Inggris) UKI, July, 0–19.
Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1–19.
Raslie, H. (2021). Gen Y and Gen Z communication style. Studies of Applied Economics, 39(1).
Right, A. (2022). Millennial teachers for Gen Z. NOKTAH.