Kurangnya media pembelajaran yang berbasis teknologi menjadi kendala di beberapa sekolah. Kendala mengenai kurangnya media pembelajaran elektronik yang menggunakan multimedia interaktif juga dialami oleh guru-guru di SMA N 2 Denpasar terutama untuk mata pelajaran geografi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa E-Modul Geographic Information System (GIS) sebagai hasil dari penelitian sebelumnya yang materinya disesuaikan dengan materi geografi untuk siswa kelas XII IPS 4 SMA N 2 Denpasar dan kegiatan kedua yaitu melakukan pelatihan pembuatan E-Modul multimedia yang menarik dan interaktif untuk Bapak/Ibu Guru dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam berinovasi secara kreatif membuat media pembelajaran. Metode kegiatan yaitu ceramah, demo E-Modul, pelatihan dan evaluasi. Analisis evaluasi dari kegiatan menggunakan NGain untuk menguji hasil belajar dan teknik persentase kelayakan. Hasil dari kegiatan ini adalah nilai NGain 0,72 yang artinya hasil belajar meningkat dengan menggunakan E-Modul, kelayakan E-Modul dengan hasil 91,2% artinya EM ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran, sekitar 60% Bapak/Ibu Guru menyatakan pelatihan pembuatan E-Modul berjalan dengan kategori “sangat baik” dan sekitar 40% menyatakan pelatihan dalam kategori “baik”. E-Modul ini didistribusikan melalui Learning Management System (LMS) menggunakan moodle yang dapat diakses melalui link www.//belajardaring.id.