Diversifikasi Media Pemasaran Digital UMKM EZ Techno Bali

Authors
  • Gede Herdian Setiawan ITB STIKOM Bali
  • I Made Budi Adnyana
  • Luh Gede Cahya Maykernia Pratiwi
  • Reihan Arista Valerian ITB STIKOM Bali
  • Vivi Rosianti ITB STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i3.861


Keywords: PKM, pemasaran, website

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dirancang untuk mendukung pengembangan EZ Techno Bali, sebuah bisnis layanan instalasi CCTV dan teknologi informasi di Bali, dalam meningkatkan performa usahanya. Saat ini, mitra mengalami kendala dalam hal pemasaran digital dan pengelolaan bisnis. Mitra masih memanfaatkan platform pemasaran secara digital melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Melalui program PKM ini, ditawarkan solusi berupa pengembangan platform pemasaran digital yang lebih optimal. Media pemasaran baru dirancang dalam bentuk website dengan domain www.ezcctvbali.com, yang berfungsi sebagai sarana pemasaran baru guna memperluas jangkauan promosi dan menarik lebih banyak pelanggan. Tim PKM telah melakukan penilaian tingkat kemudahan penggunaan situs web tersebut dengan pengujian UI/UX menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang melibatkan 30 responden, menghasilkan skor rata-rata sebesar 75,6 yang masuk dalam kategori Grade B (baik). Program ini membantu EZ Techno Bali memperluas pangsa pasar, memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien, dan berkembang menjadi usaha yang lebih kompetitif.

Downloads

Published
2025-07-22

How to Cite

Gede Herdian Setiawan, I Made Budi Adnyana, Luh Gede Cahya Maykernia Pratiwi, Reihan Arista Valerian, & Vivi Rosianti. (2025). Diversifikasi Media Pemasaran Digital UMKM EZ Techno Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 7(3), 147-153. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i3.861