Rancangan Infrastruktur E-Learning untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMKN 1 Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali

Authors
  • Yohanes Priyo Atmojo Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Dandy Pramana Hostiadi Departemen Magister Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Ni Luh Putri Srinadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Muhammad Riza Hilmi Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Tubagus Mahendra Kusuma Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Vokasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • I Made Darma Susila Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Made Liandana Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Gede Angga Pradipta Departemen Magister Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Putu Desiana Wulaning Ayu Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i3.868


Keywords: Learning Management System, Infrastuktur Jaringan, e-learning

Abstract

Pengembangan Learning Management System (LMS) berbasis e-learning di SMK N 1 Banjar bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap, dimulai dengan identifikasi kebutuhan infrastruktur teknis dan non-teknis serta perencanaan pelatihan bagi guru dan siswa. LMS yang dikembangkan menggunakan platform Moodle dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengunggahan tugas, kuis daring, forum diskusi, serta pengelolaan pengguna. Sistem ini juga menggunakan domain khusus yang dimiliki SMK yang bertujuan untuk memastikan akses yang mudah dan sistem yang terintegrasi. Pada tahap implementasi, LMS dikonfigurasi untuk mencakup pengaturan kelas, mata pelajaran, kuis, dan modul-modul interaktif lainnya sesuai dengan kurikulum yang ada. Guru diberikan pelatihan untuk menyusun materi pembelajaran digital yang efektif, sementara siswa dibimbing untuk menggunakan LMS secara mandiri dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan LMS ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan siswa dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Hasil dari pelaksanan kegiatan pengabdian adalah adanya sistem pembelajaran dalam bentuk e-learning yang di implementasikan di SMK N 1 Banjar yang dapat digunakan secara efektif oleh guru dan siswa. Melalui penerapan e-learning yang dilakukan, ekosistem pembelajaran daring yang lebih modern, efektif, dan berkelanjutan di SMK N 1 Banjar telah terbentuk, serta dapat menjadi model yang dapat diadaptasi oleh sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

Downloads

Published
2025-07-24

How to Cite

Yohanes Priyo Atmojo, Hostiadi, D. P., Ni Luh Putri Srinadi, Muhammad Riza Hilmi, Tubagus Mahendra Kusuma, Susila, I. M. D., Made Liandana, Pradipta, G. A., & Putu Desiana Wulaning Ayu. (2025). Rancangan Infrastruktur E-Learning untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMKN 1 Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 7(3), 194-201. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i3.868