Program Kemitraan Masyarakat yang dilaksanakan di SMKN 2 Sukawati bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pendidikan melalui implementasi sistem perpustakaan digital SLiMS dan pelatihan penggunaan AI untuk guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research, yang memungkinkan partisipasi aktif dari semua pihak terkait dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah. Pendekatan ini dipilih agar solusi yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Setiap tahap kegiatan dirancang secara kolaboratif bersama sekolah, mulai dari perencanaan hingga evaluasi akhir. Pelibatan aktif guru dan staf perpustakaan menjadi kunci keberhasilan program ini. Hasil dari program ini menunjukkan implementasi sukses dari SLiMS, dengan 100% buku perpustakaan tercatat dan petugas perpustakaan yang dapat menggunakan sistem ini secara lancar. Selain itu, ada peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang pemanfaatan AI dalam pembelajaran, dengan 92.8% guru menunjukkan peningkatan pemahaman setelah pelatihan. Simpulan dari kegiatan ini menegaskan bahwa integrasi teknologi dalam proses pembelajaran dan manajemen perpustakaan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan di SMKN 2 Sukawati.