WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti <p><strong>WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer</strong> telah hadir untuk mewadahi publikasi implementasi hasil penelitian para pegiat pengabdian kepada masyarakat. Di akhir bulan November 2018, Widyabhakti membuka gerbang serta mengucapkan selamat datang dan selamat berkarya kepada para pegiat pengabdian kepada masyarakat dan penulis yang budiman. <em>Widyabhakti</em> bermakna jalan pengabdian melalui pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nama ini sejalan dengan kehidupan Masyarakat Ilmiah yang berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer hadir tiga edisi dalam satu tahun setiap bulan <em><strong>November, Maret dan Juli</strong></em></p> en-US jurnalwidyabhakti@stikom-bali.ac.id (Dr. Dandy Pramana Hostiadi, S.Kom., M.T.) suardika.lppm@gmail.com (I Gede Suardika, S.Kom, M.Kom) Tue, 22 Jul 2025 10:03:28 +0800 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan dan Pelatihan E-Modul GIS Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 2 Denpasar https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/847 <p>Kurangnya media pembelajaran yang berbasis teknologi menjadi kendala di beberapa sekolah. Kendala mengenai kurangnya media pembelajaran elektronik yang menggunakan multimedia interaktif juga dialami oleh guru-guru di SMA N 2 Denpasar terutama untuk mata pelajaran geografi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa E-Modul <em>Geographic Information System (</em>GIS<em>)</em> sebagai hasil dari penelitian sebelumnya yang materinya disesuaikan dengan materi geografi untuk siswa kelas XII IPS 4 SMA N 2 Denpasar dan kegiatan kedua yaitu melakukan pelatihan pembuatan E-Modul multimedia yang menarik dan interaktif untuk Bapak/Ibu Guru dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam berinovasi secara kreatif membuat media pembelajaran. Metode kegiatan yaitu ceramah, demo E-Modul, pelatihan dan evaluasi. Analisis evaluasi dari kegiatan menggunakan NGain untuk menguji hasil belajar dan teknik persentase kelayakan. Hasil dari kegiatan ini adalah nilai NGain 0,72 yang artinya hasil belajar meningkat dengan menggunakan E-Modul, kelayakan E-Modul dengan hasil 91,2% artinya EM ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran, sekitar 60% Bapak/Ibu Guru menyatakan pelatihan pembuatan E-Modul berjalan dengan kategori “sangat baik” dan sekitar 40% menyatakan pelatihan dalam kategori “baik”. E-Modul ini didistribusikan melalui <em>Learning Management System (</em>LMS<em>)</em> menggunakan moodle yang dapat diakses melalui link <a href="http://www./belajardaring.id">www.//belajardaring.id</a><u>.</u></p> Ni Nyoman Supuwiningsih, I Wayan Jepriana, Gusti Ngurah Aditya Krisnawan, Joko Santoso, I Putu Satria Pramana Putra, Ni Kadek Karlina Lestariani, Ni Komang Cahya Julina Anggarani, Ni Putu Sri Puja Indrayanti, Wayan Rio Suryadhi Putra Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/847 Tue, 22 Jul 2025 00:00:00 +0800 Metode Pengajaran Holistik: Penerapan Pengajaran Optimal Bagi Gen-Z https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/843 <p>Guru memiliki peran strategis dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang menarik serta memotivasi siswa. Kualitas pembelajaran sangat bergantung pada metode pengajaran yang dipilih, terutama dalam menghadapi tantangan psikologis Generasi Z. Hasil pengabdian ini menemukan adanya kesenjangan psikologis (Gap Physicology) antara guru<br />dan siswa sekolah kejuruan, yang memengaruhi dinamika kelas. Oleh karena itu, model pembelajaran holistik seperti Contextual Teaching and Learning (CTL) dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pengajaran. Metode CTL menghubungkan materi pelajaran dengan menerapkannya pada kehidupan nyata, sehingga siswa lebih sadar terhadap<br />lingkungan sekitar dan pembelajaran menjadi lebih optimal dan menarik. Kegiatan pengabdian ini melibatkan 25 guru di SMK Dwijendra Denpasar dalam pelatihan yang bertujuan untuk memperkenalkan kembali metode CTL. Dengan bermunculan berbagai metode pengajaran baru maka metode ini mulai ditinggalkan karena pergeseran pembelajaran<br />daring selama pandemi COVID-19. Pendekatan pengabdian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion). Hasil pengabdian ini juga menunjukkan bahwa penerapan metode CTL dapat membantu mengatasi tantangan psikologis dalam pembelajaran<br />dengan mendekatkan siswa kepada alam dan lingkungan sekelilingnya dan meningkatkan efektivitas pengajaran di sekolah kejuruan.</p> Ni Luh Putu Unix Sumartini, I Gede Putu Adhitya Prayoga, Jovian Nanda Sismawan, I Wayan Adit Saputra, Luh Putu Rika Utami Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/843 Tue, 22 Jul 2025 00:00:00 +0800 Pendampingan dan Pelatihan Pengembangan Web Profil Desa sebagai Sarana Informasi Digital di Kantor Desa Bukian https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/844 <p>Desa Bukian, yang terletak di Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar, dengan luas wilayah 8,39 km² dan populasi sekitar 6.647 jiwa, menghadapi tantangan dalam pengelolaan informasi digital. Permasalahan utama yang diidentifikasi melalui <em>Forum Group Discussion</em> adalah minimnya pengetahuan perangkat desa tentang pengelolaan informasi secara digital, kurangnya sarana teknologi informasi, dan tidak adanya <em>website</em> profil desa yang dapat berfungsi sebagai pusat informasi dan media promosi. Sebagai solusi, dirancanglah web profil Desa Bukian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mitra dalam penggunaan dan pengelolaan informasi digital, serta keterampilan administrasi menggunakan Microsoft Office. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pendekatan <em>Participatory</em><em> Action Research</em>, yang melibatkan mitra secara aktif dalam seluruh tahapan kegiatan. Sebagai hasilnya, desa kini memiliki <em>website</em> yang berfungsi dengan baik dan dapat diakses oleh masyarakat sebagai platform untuk menyampaikan informasi terkait program, kegiatan desa, promosi pariwisata lokal, dan produk unggulan. <em>Website</em> ini telah meningkatkan efisiensi komunikasi antara pemerintah desa dan masyarakat serta mendukung tercapainya transformasi desa menuju digitalisasi. Hasil evaluasi terhadap <em>website</em> menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,85 (Skala Likert 1–4), yang menunjukkan bahwa perangkat desa merasa sangat puas dengan kualitas, kemudahan penggunaan, serta fungsi dari <em>website</em> tersebut.</p> Rai Masita Dewi Ni Made, Ni Made Ayu Juli Astari, Komang Gita Meiliana, I Komang Candra Kusuma Kusuma, I Wayan Ari Lesmana Lesmana Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/844 Tue, 22 Jul 2025 00:00:00 +0800 Diversifikasi Media Pemasaran Digital UMKM EZ Techno Bali https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/861 <p>Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dirancang untuk mendukung pengembangan EZ Techno Bali, sebuah bisnis layanan instalasi CCTV dan teknologi informasi di Bali, dalam meningkatkan performa usahanya. Saat ini, mitra mengalami kendala dalam hal pemasaran digital dan pengelolaan bisnis. Mitra masih memanfaatkan platform pemasaran secara digital melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Melalui program PKM ini, ditawarkan solusi berupa pengembangan platform pemasaran digital yang lebih optimal. Media pemasaran baru dirancang dalam bentuk <em>website</em> dengan domain www.ezcctvbali.com, yang berfungsi sebagai sarana pemasaran baru guna memperluas jangkauan promosi dan menarik lebih banyak pelanggan. Tim PKM telah melakukan penilaian tingkat kemudahan penggunaan situs web tersebut dengan pengujian UI/UX menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang melibatkan 30 responden, menghasilkan skor rata-rata sebesar 75,6 yang masuk dalam kategori Grade B (baik). Program ini membantu EZ Techno Bali memperluas pangsa pasar, memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien, dan berkembang menjadi usaha yang lebih kompetitif.</p> Gede Herdian Setiawan, I Made Budi Adnyana, Luh Gede Cahya Maykernia Pratiwi, Reihan Arista Valerian, Vivi Rosianti Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/861 Tue, 22 Jul 2025 00:00:00 +0800 Penerapan dan Pelatihan Online Virtual Exhibition pada SMK Negeri 1 Sukawati Gianyar https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/862 <p class="Abstrak"><span lang="IN">SMK Negeri 1 Sukawati Gianyar sebagai sekolah seni dan teknologi menghadapi tantangan dalam mengadaptasi teknologi digital untuk memamerkan karya siswa secara luas. Permasalahan utama meliputi keterbatasan akses teknologi, literasi digital yang belum optimal, dan minimnya pemahaman terhadap platform pameran virtual. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas siswa dan guru melalui penerapan dan pelatihan Online Virtual Exhibition berbasis teknologi 3D interaktif. Metode yang diterapkan meliputi analisis kebutuhan, penyusunan modul pelatihan, pengadaan dan instalasi perangkat lunak, pelatihan literasi digital dan produksi konten kreatif, hingga implementasi dan evaluasi pameran virtual. Hasil kegiatan menunjukkan ketercapaian target rata-rata sebesar 90%, termasuk terselenggaranya satu pameran virtual dan peningkatan kemampuan peserta dalam mengelola platform digital. Selain itu, aplikasi Virtualex berhasil diterapkan sebagai media inovatif pameran online dan mendukung keberlanjutan program melalui investasi perangkat dan langganan platform. Program ini berdampak positif terhadap penguatan kompetensi digital serta promosi karya kreatif siswa ke audiens lebih luas. Kegiatan ini direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut pada sekolah kejuruan lainnya guna memperluas akses pameran digital di era industri kreatif.</span></p> I Gede Suardika, Ni Nyoman Supuwiningsih, Gusti Ngurah Aditya Krisnawan, Joko Santoso Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/862 Tue, 22 Jul 2025 00:00:00 +0800 Membangun Generasi Berinovasi Melalui Robotika https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/816 <p>SMKN Bali Mandara merupakan institusi pendidikan yang dihadapkan pada tantangan dalam pengembangan teknologi robotika. Meskipun telah memiliki kegiatan ekstrakurikuler di bidang tersebut sekolah masih menghadapi kendala, seperti kurangnya mentor untuk bertanya dan membimbing siswa. Menyadari pentingnya penguatan keterampilan siswa dalam mendukung peningkatan kompetensi siswa, tim Pengabdian Masyarakat UKM RADE menyelenggarakan program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa SMKN Bali Mandara, meliputi pemahaman dasar dan pengalaman praktis di bidang robotika, khususnya terkait perakitan serta pemrograman sumobot. Selain itu siswa juga diajarkan untuk memahami prosedur dan regulasi dari bagaimana kompetisi sumobot berlangsung. Kegiatan pelatihan ini terdiri dari beberapa aktivitas mulai dari penyampaian teori mengenai perakitan sumobot berbasis multimedia serta praktik langsung agar meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil evaluasi dari total 31 siswa, sekitar 87,1% siswa mampu memahami materi dengan baik, sementara 12,9% memerlukan bimbingan tambahan khususnya pada proses pemrograman sumobot. Capaian pelatihan ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran secara interaktif sangat efektif dalam meningkatkan minat, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bidang robotika serta menumbuhkan semangat inovatif di kalangan generasi muda. Keberhasilan ini diharapkan menjadi pijakan bagi siswa untuk meraih prestasi di masa mendatang.</p> I Dewa Agung Dagna Prakamya Nugraha, Hilmi Afiv Putra Satria Pratama, Sri Radhe Wrinda Waneswari Dewi Dasi, Kadek Wira Pratama, Julio Francisco Ximenes Pereira Savio Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/816 Thu, 24 Jul 2025 00:00:00 +0800 Peningkatan Kapasitas Kehumasan PUSDALOPS Bali melalui Media Sosial dan Aplikasi Augmented Reality sebagai Instrumen Mitigasi dan Diseminasi Informasi Bencana yang Efektif https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/859 <p>PUSDALOPS BPBD Provinsi Bali harus memainkan peran penting dalam mendistribusikan informasi kepada masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk media sosial dan aplikasi daring dimana kondisi saat ini PUSDALOPS belum memiliki konten konten mitigasi bencana yang sesuai dengan ancaman yang ada di Bali. Upaya tersebut tidak hanya membantu masyarakat memahami kondisi terkini, tetapi juga memberikan panduan evakuasi serta mitigasi risiko. PUSDALOPS juga memerlukan bahan pendukung sosialisasi ke desa-desa, sekolah, dan komunitas lainnya, sehingga informasi mitigasi dapat disampaikan dengan cara yang lebih interaktif, menarik, dan mudah dipahami, demi meminimalkan dampak bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. ITB STIKOM Bali dengan program Pengabdian Internal Skema Teknologi Tepat Guna () membantu PUSDALOPS pada bidang kehumasan dengan memberikan pelatihan kehumasan, seperti pelatihan pembuatan berita dan pelatihan pembuatan konten pada sosial media, selain itu peneliti memberikan Aplikasi <em>Augmented Reality</em> yang dapat digunakan bagian humas PUSDALOPS untuk mitigasi informasi kebencanaan yang dapat diinformasikan kepada masyarakat. Pelaksanaan pengabdian ini tentunya membantu proses kerja dan operasional PUSDALOPS untuk informasi yang diberikan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah ceramah, diskusi dan praktek langsung. Hasil pengabdian adalah jawaban dari permasalahan di PUSDALOPS Bali dalam peningkatan kapasitas kehumasan melalui Media Sosial dan Aplikasi <em>Augmented Reality</em> sebagai Instrumen Mitigasi dan Diseminasi Informasi Bencana yang Efektif.</p> Ulandari Ni Wayan Ari, I Putu Warma Putra, I Putu Ramayasa, Ni Made Astiti, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti, I Gusti Agung Made Aditya Chandra Wijaya, Ni Made Nafa Septa Kumari, I Komang Aditya Warman, Devi Putri Berliana Dewi, I Putu Gandhi Gautama Putra, Luh Gede Manik Prascita Yoga, Komang Sutini Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/859 Thu, 24 Jul 2025 00:00:00 +0800 Pengembangan Industri Rumah Tangga Teri Krispi Kusuma https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/867 <p>Mitra dalam kegiatan ini adalah industri rumah tangga Teri Krispi Kusuma yang berlokasi di Banjar Cengkilung, Kelurahan Peguyangan Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah dalam proses produksi, mitra menggunakan alat produksi yang sudah mengalami penurunan fungsi seperti kompor, <em>chopper</em>, wajan, panci dan baskom yang berdampak pada proses produksi dan kualitas produk. Permasalahan kedua yang dihadapi mitra adalah dalam bidang pemasaran yaitu kurangnya media promosi, yang berdampak pada pendapatan IRT setiap bulannya. Permasalahan ketiga adalah terkait ijin PIRT, mitra belum memiliki pengetahuan tentang ijin PIRT sebagai legalitas produksi, bahwa produk tersebut layak edar, meningkatkan kepercayaan masyarakat serta mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memberikan bantuan alat produksi berupa kompor gas Rinai RI-602E, <em>chopper</em> Mitochiba CH-200 Magic CH, wajan aluminium Jawa 50 cm, waskom aluminium Jawa 40 cm, panci Maspion 36, mesin peniris minyak Spinner dengan kapasitas 2 liter, pelatihan manajemen pemasaran, dan penyuluhan PIRT. Metode yang digunakan adalah pemberian bantuan alat produksi, memberikan pelatihan manajemen pemasaran, penyuluhan tentang ijin PIRT dan melakukan monitoring dan evaluasi. Hasil yang dicapai adalah usaha mitra mengalami peningkatan kapasitas produksi, yang berdampak pada meningkatnya pendapatan mitra sebesar 75% yang diukur menggunakan metode kuantitatif, memperluas jangkauan pemasaran produk, dan peningkatan pemahaman tentang PIRT.</p> NI NYOMAN MURYATINI, I Gusti Ngurah Gede Gitayogi Irhandi, Ni Kadek Sukerti, I Gede Sandi Pujanta, Ni Nyoman Putri Kirana Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/867 Thu, 24 Jul 2025 00:00:00 +0800 Rancangan Infrastruktur E-Learning untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMKN 1 Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/868 <p class="Abstrak">Pengembangan <em>Learning Management System</em> (LMS) berbasis <em>e-learning </em>di SMK N 1 Banjar bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap, dimulai dengan identifikasi kebutuhan infrastruktur teknis dan non-teknis serta perencanaan pelatihan bagi guru dan siswa. LMS yang dikembangkan menggunakan platform Moodle dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengunggahan tugas, kuis daring, forum diskusi, serta pengelolaan pengguna. Sistem ini juga menggunakan domain khusus yang dimiliki SMK yang bertujuan untuk memastikan akses yang mudah dan sistem yang terintegrasi. Pada tahap implementasi, LMS dikonfigurasi untuk mencakup pengaturan kelas, mata pelajaran, kuis, dan modul-modul interaktif lainnya sesuai dengan kurikulum yang ada. Guru diberikan pelatihan untuk menyusun materi pembelajaran digital yang efektif, sementara siswa dibimbing untuk menggunakan LMS secara mandiri dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan LMS ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan siswa dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Hasil dari pelaksanan kegiatan pengabdian adalah adanya sistem pembelajaran dalam bentuk <em>e-learning </em>yang di implementasikan di SMK N 1 Banjar yang dapat digunakan secara efektif oleh guru dan siswa. Melalui penerapan e-<em>learning</em> yang dilakukan, ekosistem pembelajaran daring yang lebih modern, efektif, dan berkelanjutan di SMK N 1 Banjar telah terbentuk, serta dapat menjadi model yang dapat diadaptasi oleh sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka.</p> Yohanes Priyo Atmojo, Dandy Pramana Hostiadi, Ni Luh Putri Srinadi, Muhammad Riza Hilmi, Tubagus Mahendra Kusuma, I Made Darma Susila, Made Liandana, Gede Angga Pradipta, Putu Desiana Wulaning Ayu Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/868 Thu, 24 Jul 2025 00:00:00 +0800 Implementasi Teknologi Informasi dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sukawati Gianyar https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/877 <p>Program Kemitraan Masyarakat yang dilaksanakan di SMKN 2 Sukawati bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pendidikan melalui implementasi sistem perpustakaan digital SLiMS dan pelatihan penggunaan AI untuk guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah <em>Participatory Action Research</em>, yang memungkinkan partisipasi aktif dari semua pihak terkait dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah. Pendekatan ini dipilih agar solusi yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Setiap tahap kegiatan dirancang secara kolaboratif bersama sekolah, mulai dari perencanaan hingga evaluasi akhir. Pelibatan aktif guru dan staf perpustakaan menjadi kunci keberhasilan program ini. Hasil dari program ini menunjukkan implementasi sukses dari SLiMS, dengan 100% buku perpustakaan tercatat dan petugas perpustakaan yang dapat menggunakan sistem ini secara lancar. Selain itu, ada peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang pemanfaatan AI dalam pembelajaran, dengan 92.8% guru menunjukkan peningkatan pemahaman setelah pelatihan. Simpulan dari kegiatan ini menegaskan bahwa integrasi teknologi dalam proses pembelajaran dan manajemen perpustakaan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan di SMKN 2 Sukawati.</p> Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, Gde Sastrawangsa, Ni Made Dewi Kansa Putri, Luh Made Yulyantari, I Nyoman Rudy Hendrawan, I Gusti Ngurah Wikranta Arsa Copyright (c) 2025 WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/877 Fri, 25 Jul 2025 00:00:00 +0800